MENGAPA AIR OKSIGEN PENTING UNTUK MEMBANGUN OTOT?

 

  1. Air adalah bahan pembangun sel yang utama. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat mengakibatkan penyusutan sel yang menyebabkan kerusakan otot karena kandungan air dalam sel otot (miosit) memainkan peran penting dalam kerusakan otot. Dengan mempertahankan tingkat hidrasi yang cukup akan mengurangi pemecahan protein dan membantu sintesis protein. Pilihlah air oksigen karena kandungannya lebih baik dari air putih biasa.
  2. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan penurunan tenaga dan daya tahan otot. Sedangkan dalam membangun otot sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan otot.
  3. Ketika berolahraga, suhu tubuh naik, otot menjadi panas, air oksigen berperan sebagai penurun suhu dengan mengeluarkan lebih dari 80% panas tubuh melalui keringat.
  4. Air oksigen menjaga volume darah tetap stabil, jika terjadi dehidrasi, volume darah turun dan menyebabkan pusing dan kelelahan.
  5. Untuk membangun otot, dibutuhkan nutrisi yang cukup bagi tubuh, air oksigen membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan suplemen yang masuk ke dalam tubuh.Dan air oksigen juga membawa oksigen, lemak dan glukosa ke sel tubuh dan juga membawa zat-zat pembuangan seperti carbon dioksida, asam laktat dari otot setelah latihan. Dengan tercukupinya zat zat yang dibutuhkan otot dan elektrolit, otot akan terhindar dari kram.
  6. Dalam latihan, lutut dan panggul mendapat tekanan yang besar. Jika terjadi dehidrasi, akan meyebabkan kekurangan cairan pd sendi yang bisa mengakibatkan cidera lutut.

BERAPA LITER AIR OKSIGEN YANG HARUS DIMINUM DALAM SEHARI?

Kita sering mendengar anjuran minum 8 gelas sehari, tetapi standart tersebut tidak cukup untuk para atlet yang sedang membangun otot. Atlet pria/wanita dianjurkan minum 3,5-7 liter per hari.

The American College of Sports Medicine menyarankan minum 600 ml sebelum latihan dan 1,2 liter satu jam setelah latihan. Untuk mencukupi air dalam tubuh tidak hanya dari minum air secara langsung, bisa juga dari minuman (susu, teh, kopi dll), buah dan sayur.

Jika tubuh kekurangan air, tubuh akan menyesuaikan diri dengan berusaha menampung lebih banyak air didalam tubuh sehingga terkesan menggemukkan, ketika air sudah berlebih dalam tubuh, maka akan dikeluarkan melalui urine. Minum air tidak akan menggemukkan sebaliknya minum air yang cukup juga dapat membantu metabolism dan pembakaran kalori. Tetapi makan makanan yang tinggi karbohidrat atau tinggi garam dan kurang olahraga juga dapat membuat tubuh menyimpan air berlebih. Sebaiknya pertahankan BWI sedikit diatas tingkat terendah agar tubuh selalu hidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *