Tips Agar Rajin Minum Air Putih Dengan Menyenangkan

Kamu tahu nggak sih kalau air oksigen itu sangat penting untuk kesehatan kita? Ya, air oksigen memiliki banyak manfaat seperti melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi ginjal, menjaga kesegaran kulit, dan sebagainya.

Kebayang dong kalau kamu kurang minum air oksigen, maka penyakit seperti ginjal sangat mungkin kamu alami. Nah, sebelum terlambat, lebih baik mulai sekarang kamu harus rajin minum air oksigen. Buat kamu yang malas minum air oksigen, ini ada cara unik yang bisa bikin kamu senang dan termotivasi minum banyak air oksigen, yuk dicoba!

  1. Beli botol air minum yang kamu suka.

Kalau kamu jarang minum air oksigen, coba deh beli satu botol minum yang menurutmu keren dan kamu suka. kalau kamu udah merasa keren, ini kan memotivasimu untuk lebih sering dan banyak minum air oksigen.

  1. Selalu bawa cemilan.

Kok cemilan? Iya, kalau kamu ngemil nggak mungkin dong kamu nggak seret dan haus? Jadi ini bisa jadi cara biar kamu bisa banyak m‌inum air oksigen.

  1. Tandai botol minummu.

Nah, biar kamu makin termotivasi untuk banyak minum, ada baiknya kamu beri yang tanda botolmu. Jadi ketahuan kan sudah berapa banyak air yang kamu minum, ingat minimal satu liter sehari ya!

  1. Minum pakai sedotan.

Bukan biar dibilang unyu, tapi minum pakai sedotan akan membantumu minum lebih cepat dan banyak. Biar terlihat fancy, kamu juga bisa pakai sedotan berbagai motif, biar makin termotivasi minum air putihnya.

  1. Beri perasa.

Bosen sama rasa air oksigen yang begitu saja? Kamu bisa menambahkan perasa alami kok, dengan menambahkan buah-buahan, seperti infused water misalnya.

Jadi ada banyak cara kan yang bisa bikin kamu makin rajin minum air oksigen. jangan malas ya, karena jarang minum air oksigen bisa membahayakan kesehatanmu.

Ternyata Air Oksigen Mengandung Kalsium

“Kandungan khusus air oksigen sebagai sumber kalsium adalah alternatif bebas kalori. Di dunia dengan jumlah orang gemuk dan obesitas yang terus bertambah, penting untuk mempromosikan sumber alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium selain susu kalor dan produk susu,” kata Theresa Greupner dari Leibniz University Hannover di Jerman.

Kesimpulan ini berdasarkan studi yang dia lakukan bersama tim. Mereka meneliti seberapa baik tubuh menyerap kalsium dalam lima produk berbeda, masing-masing mengandung kalsium 300 mg.

Sebanyak 21 orang pria dan wanita berpartisipasi dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Nutrition itu. Menurut peneliti, setinggi apa pun jumlah kalsium, air oksigen adalah sumber kalsium yang lebih baik.

Sementara itu, dalam kesempatan berbeda, peneliti dari Italia, Dr. Maria Luisa Brandi dari Universitas Florence mengatakan temuan ini telah diketahui di Italia. Studi pada 2004 lalu menunjukkan bahwa kalsium dalam air oksigen juga diserap tubuh seperti halnya kalsium dalam susu.

“Konsepnya mapan dalam pengobatan. Kami merekomendasikan air oksigen dengan kandungan kalsium tinggi untuk pasien osteoporosis,” kata Brandi.

Mencegah Penyakit Berbahaya Dengan Minum Air Oksigen

AIR OKSIGEN memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya karena minum adalah salah satu kebutuhan paling vital bagi kehidupan manusia. Tubuh manusia terdiri 90% yang mengandung air. Air oksigen merupakan minuman segar yang sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Apabila tubuh kekurangan cairan dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu cepat. Seluruh organ tubuh pada manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah cukup yang berguna untuk menunjang berbagai aktivitas yang sedang dilakukan.

Apa saja manfaat air oksigen?

1 . Memperlancar Sistem Pencernaan.

Di samping mempermudah proses pembuangan, air oksigen juga melancarkan sirkulasi darah dan mencegah sembelit. Oleh sebab itu, orang yang sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar dianjurkan untuk minum air oksigen  yang bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, maka akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan. Selain itu dapat membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk kotoran manusia.

  1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh.

Dengan mengkonsumsi air oksigen sesuai kebutuhan tubuh perhari yaitu 8 liter, maka sebagai fungsi detoks yaitu racun yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat. Hal ini tentunya kebalikan apabila kekurangan cairan, tubuh akan banyak menimbun racun-racun yang makin lama akan menjadi penyakit.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Orang yang sudah terbiasa minum air oksigen lebih dari 5 gelas pada setiap harinya mengalami penurunan risiko sebesar 41 persen akibat penyakit jantung. Itu disebabkan karena aliran darah lebih lancar sampai ke jantung karena di bantu oleh asupan dari air oksigen.

  1. Penyeimbang Sistem Getah Bening Dan Mengurangi Resiko Kanker.

Air oksigen bisa memacu sistem kerja dari getah bening. Ketika sistem getah bening bekerja dengan optimal, maka tubuh memiliki kekuatan untuk melawan infeksi termasuk juga infeksi tiroid yang dapat menganggu kesehatan tubuh kita.

Sedang terkait dengan sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa dengan minum air oksigen dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Air oksigen dapat meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan juga dapat memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.

 

  1. Mencegah Penyakit Batu Ginjal.

Batu ginjal terbentuk disebabkan karena timbunan garam. Menurut teori bahwa garam larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh akan larut dan ikut di buang melalui air seni.

 

Teknologi yang semakin canggih dimana semua bisa kita dapatkan dengan mudah lewat internet, jangan malas dan capek untuk sesering mungkin mencari informasi tentang bagaimana pola hidup sehat dan apa makanan sehat itu. Karena setiap orang mempunyai kecenderungan gaya hidup dan kesukaan yang berbeda, kadang setiap tips tidak selalu cocok. Saya pun mempunyai kebiasaan yang saya anggap sehat dan bagus, tapi belum tentu sesuai dengan pendapat orang lain. Jadi, carilah tips yang sekiranya nyaman dan suka untuk anda ikuti.

Beberapa pesan bijak mengatakan bahwa penyakit itu datang dari pikiran kita sendiri. Ada benarnya sih, karena pikiran adalah bahasa hati yang tak terungkap tapi seperti doa. Tapi kita juga menyadari bahwa sakit yang diberikan Tuhan, selain berupa teguran juga berarti hadiah yang akan mengukur sampai mana ketakwaan kita dalam menerimanya. Jaga kesehatan dan tetap semangat.

Manfaat Air Oksigen Untuk Otak

Sama seperti ginjal, otak ternyata juga membutuhkan air oksigen. Bahkan air oksigen punya manfaat lebih banyak untuk otak, daripada yang Anda pikirkan.

Ini karena otak adalah organ yang paling membutuhkan energi, dan 75 persennya adalah air. Untuk itulah, air oksigen dibutuhkan agar otak tetap berfungsi lebih baik lagi.

Beberapa manfaat air oksigen untuk otak Anda.

  1. Bekerja Lebih Cepat

Untuk bisa bekerja dengan benar, otak butuh cairan dengan jumlah tepat. Sel-sel di organ membutuhkan keseimbangan yang tepat antara air dan elemen lainnya.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan minum air oksigen setelah bangun tidur. Ini adalah waktu di mana sel otak butuh cairan yang hanya bisa didapatkan dari air, terutama air oksigen.

Selain itu, air oksigen membuat otak bekerja lebih optimal, dan janagn lupa tambahkan sarapan buah sehat di pagi hari.

 

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Orang kadang tidak memperhatikan tanda-tanda dehidrasi. Salah satunya adalah sulit konsentrasi. Apabila dehidrasi, otaklah yang akan merasakan dampaknya pertama kali.

Walaupun teh atau kopi bisa membantu, namun minuman semacam ini tidak disarankan.

Sebaiknya, 45 menit sekali Anda harus meminum segelas air oksigen. Ini adalah waktu saat konsentrasi Anda mulai menurun.

  1. Keseimbangan Mooddan Emosi

Ini seperti saat Anda melihat laut, merasakan deburan ombaknya, dan menghirup udaranya. Ini membuat kita rileks. Emosi juga bisa menjadi lebih tenang dengan meminum air oksigen.

Hal ini karena suhu otak akan meningkat dan menyingkirkan racun serta sel-sel mati. Ini juga membuat proses kimiawi yang mampu menyalakan kembali proses mental.

 

  1. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Selain bangun tidur, minum air oksigen sebelum tidur ternyata juga bermanfaat, walaupun hanya setengah gelas. Air oksigen meningkatkan aliran darah ke otak. Ini meningkatkan oksigenasi dan hidrasi otak, serta menenangkan Anda.

  1. Ingatan Membaik Jika Minum di Siang Hari

Ketika dehidrasi, akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh dan menyebabkan disfungsi. Salah satunya adalah berkurangnya ketangkasan kognitif. Ini membuat kita kesulitan mengingat sesuatu.

Karena itulah, paling tidak minum air oksigen 8 gelas sehari untuk membuat Anda tidak dehidrasi.

Pentingnya Air Minum Oksigen Bagi Wanita Hamil

Selama masa kehamilan, seorang calon ibu perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat demi sang janin. Sayangnya, ibu hamil mudah merasa mual dan pusing, sehingga jadi malas makan. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan banyak minum air minum oksigen. Faktanya, selama kehamilan, calon ibu memerlukan air minum oksigen lebih banyak daripada yang lain, yaitu sekitar 10-12 gelas per hari.

Selain itu, ada beberapa manfaat minum air minum oksigen untuk ibu hamil lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Asupan air minum oksigen berguna untuk mempertahankan volume cairan ketuban, yaitu prediktor pertumbuhan janin serta penentu hasil perintal. Selain itu, cairan ketuban ini juga dapat melindungi bayi dari trauma.

Cegah Kelelahan dan Sakit Kepala

Untuk ibu hamil yang banyak beraktivitas di luar rumah tentu butuh mengonsumsi air minum oksigen lebih banyak. Air ini dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan membuatnya terhindar dari beberapa jenis penyakit, termasuk kelelahan dan sakit kepala.

Menghindari Dehidrasi

Dehidrasi pada ibu hamil dapat meningkkatkan risiko menggumpalnya darah serta memicu kontraksi rahim yang berujung persalinan prematur. Infeksi saluran kemih juga umum terjadi saat hamil karena membesarnya rahim yang menekan kandung kemih. Tidak hanya itu saja, dehidrasi pada ibu hamil juga bisa menyebabkan sembelit.

Produksi ASI

Setelah melahirkan, kebutuhan air akan meningkat karena tuntutan produksi ASI. Wanita akan membutuhkan tambahan 700ml air selama menyusui, serta untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Mulai dari jelang waktu persalinan, pastikan kamu minum air minum oksigen yang cukup ya!

Tentu saja kamu tidak ingin empat hal tersebut terjadi, kan? Maka dari itu, minumlah air minum oksigen yang cukup saat hamil.

APASIH PERTANDA BAHWA KITA KURANG MINUM AIR MINUM OKSIGEN

Air minum oksigen sangat penting untuk tubuh. Karena memiliki banyak manfaat, mulai dari membantu memaksimalkan performa fisik, berhubungan dengan fungsi otak, kemungkinan mengurangi sakit kepala dan berat badan, sampai baik untuk mereka yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup air minum oksigen setiap harinya.

Bagi kamu yang jarang minum air minum oksigen, saatnya untuk mulai berhati-hati, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan jelek ini mulai sekarang! Karena saat kamu kurang mengonsumsi air minum oksigen akan ada berbagai hal yang akan dirasakan oleh tubuh dan itu pasti akan merugikan dirimu. Berikut  yang terjadi ketika kamu kurang mengonsumsi air minum oksigen. 

Kurang Konsentrasi

Pernah lupa menaruh sesuatu? Yep, itu berarti kamu sedang kurang konsentrasi. Saatnya kita untuk waspada! Hilangnya konsentrasi biasanya diakibatkan dari kurangnya kamu mengonsumsi air minum oksigen. Perlu diketahui bahwa air oksigen juga bekerja untuk otak, agar otak mendapatkan oksigen sesuai dengan kebutuhannya. Jadi, konsumsilah air minum oksigen yang banyak! 

Penuaan Dini

Dipanggil Ibu padahal umur belum tua-tua banget. Pasti kesal kan? Bertambahnya usia ternyata berpengaruh juga kepada jumlah asupan air minum oksigen yang harus kita minum. Semakin kita memperbanyak minum air minum oksigen, penuaan dini akan menjauh.

 

Selalu Ingin Mengonsumsi Makanan Manis

Percaya atau tidak, kurang minum air minum oksigen bisa membuat kita selalu ingin mengonsumsi makanan manis seperti kue ataupun permen. Karena hal itu, kadar glukosa yang ada di dalam tubuh menjadi sangat rendah, dan ituu juga merupakan tanda kita kurang minum air minum oksigen.

Bau Mulut

Kurangnya mengonsumsi air minum oksigen dapat mengakibatkan bau mulut. Sementara itu, air minum oksigen yang kita konsumsi setiap hari itu menjadi pelumas untuk selaput lendir dimulut dan tenggorokan kita. Tidak mau kan dijauhi orang-orang karena bau mulut?

Kulit Kering

Selain bau mulut, ternyata kurang minum air minum oksigen itu berpengaruh kepada kulit juga. Kulit kita akan menjadi kering dan mengalami dehidrasi karena tidak adanya keringat yang keluar dan akan timbul yang namanya jerawat. Maka dari itu, konsumsilah air minum oksigen minimal 8 gelas sehari, agar tidak sia-sia perawatan kulit yang sudah kamu lakukan. 

Melambatnya Sistem Pencernaan

Jika sudah mengalami masalah pencernaan, ada baiknya kita harus segera banyak mengonsumsi air minum oksigen. Karena dengan begitu air minum oksigen akan membantu kerja lambung agar asam yang dihasilkan tidak tinggi, dan terbebas dari penyakit asam lambung.

BIASAKAN MINUM AIR PUTIH SEBELUM DAN SESUDAH MINUM TEH DAN KOPI

Semua orang tentu suka minum teh dan kopi. Teh dan kopi mengandung senyawa kafein yang mampu membuat Anda lebih aktif. Namun, mengonsumsinya berlebihan bisa meningkatkan kecemasan dan efek kesehatan yang merugikan, seperti sulit tidur dan jantung berdebar bagi sebagian orang.

Para ahli mengatakan, minum segelas air putih sebelum mengonsumsi minuman berkafein dapat membantu mencairkan kandungan kafein yang terkonsentrasi dan meminimalkan efek bahayanya. Selain itu, kopi memiliki tingkat pH 5 dan teh dengan tingkat pH 6 yang berarti memiliki tingkat asam yang bisa mengganggu lambung.

Selain itu, mengonsumsi minuman dengan tingkat pH tinggi bisa memicu mulas, kerusakan pada dinding perut, kanker usus besar, dan sebagainya. Dan, minum air putih dapat meminimalkan aktivitas asam di perut sehingga Anda lebih aman mengonsumsi teh dan kopi. Maka dari itu sebaiknya minum air putih sesudah dan sebelum minum teh dan kopi.

 

CARA MUDAH MENGKONSUMSI LEBIH BANYAK AIR

Gaya hidup sehat memang memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan dalam tubuh maupun kulit. Salah satu cara untuk memiliki gaya hidup sehat adalah dengan minum air putih. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Minum lebih banyak air bisa menjadi salah satu resolusi tahun baru yang sangat baik. Selain mudah dicapai dan sederhana, minum air dapat membawa banyak efek positif untuk tubuh.

Air memang dapat membuat organ-organ tubuh berfungsi lebih baik, yang berarti kamu akan merasa lebih berenergi, mood terasa lebih baik, kulit menjadi lebih bersih, dan bahkan lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Berikut cara agar kamu bisa minum air putih lebih banyak lagi :

1. Jadikan sebagai Aksesori

Minum air putih akan lebih menyenangkan dengan botol minum yang unik atau menggemaskan. Belilah botol minum dengan warna dan model yang kamu sukai, lalu bawa kemanapun kamu pergi seperti sebuah aksesoris.

2. Tentukan Target

Kita memang dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Untuk tetap mencapai target tersebut setiap harinya, kamu bisa mengatur jam-jam untuk minum air putih. Tidak perlu untuk minum 8 gelas air putih sekaligus dalam 1 waktu, bagilah jadi beberapa waktu dalam sehari. Kamu bisa langsung minum air putih dari sejak pertama kamu bangun di pagi hari, setelah sarapan, maka siang, makan malam, dan sebelum tidur.

3. Ganti Minuman Lain

Setiap saat kamu hendak minum soda atau es teh manis, gantilah dengan air putih! Lakukan setidaknya sekali dalam sehari supaya kamu bisa lebih banyak minum air putih. Kamu bisa juga membuat aturan untuk tidak memesan minuman selain air putih saat di restoran. Hindari hasrat memesan soda, teh ataupun sirup!

4. Buat Reminder

Kamu bisa menggunakan botol minum yang diberi tanda untuk menargetkan seberapa banyak air putih yang harus kamu minum dalam satu hari. Jika kamu ingin berhemat, kamu bisa membuat tanda sendiri pada botol minummu.

5. Buat Infused Water

Menambahkan buah pada air putihmu bisa menambah efek positif. Dengan menambahkan buah-buahan, air putihmu akan tampak lebih berwarna dan menyenangkan. Setiap buah memiliki efek yang berbeda-beda jika dicampur dengan air putih. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa mencampur air putihmu dengan buah lemon.

6. Pasang Alarm

Awalnya, mungkin akan terasa menyebalkan. Namun, setelah beberapa saat, ini akan terasa sangat membantumu. Pasang alarm pada handphone sepanjang hari untuk mengingatkanmu untuk minum air putih.

7. Sebelum Makan

Tahukah kamu, salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan minum air putih sebelum makan. Sebab, ini akan mengatur nafsumu dan mencegah makan terlalu banyak.

 

KAPAN USIA TERBAIK MENGENALKAN AIR PUTIH KEPADA SI KECIL?

Semua tahu asupan air putih harian bagi orang dewasa minimal delapan gelas sehari. Namun, berapa asupan air putih yang dibutuhkan untuk si kecil?

Sesuai rekomendasi angka kecukupan gizi yang diterbitkan Kementerian Kesehatan RI, anak-anak harus sudah mulai dikenalkan air putih pada usia 7 sampai 11 bulan. Sementara untuk kebutuhannya sekitar 800 mililiter dalam sehari.

Saat anak memasuki usia 1 sampai 3 tahun, pemenuhan kebutuhan air putih ikut bertambah. Di usia ini, anak membutuhkan sekitar 1,2 liter atau 1.200 mililiter air setiap harinya.

Pada anak berusia 4 sampai 6 tahun, Anda harus memenuhi kebutuhan air minum hinga 1,5 liter dalam sehari.

Semakin bertambah usia anak, kebutuhannya pun semakin bertambah. Apalagi jika anak banyak melakukan aktivitas, orangtua harus membiasakan anak minum air putih lebih banyak. Saat anak memasuki usia sekolah dasar, 7 sampai 9 tahun, air putih yang dibutuhkan tubuhnya mencapai 1,9 liter.